PuGnaToR
Pugnator like 1942663.gifFreedom to Palestine - just join to my Blog

Sabtu, 16 Juli 2011

TADABBUR AYAT QS. 48:29



TUJUAN
F  Peserta mengetahui sifat-sifat Rasulullah dan para sahabatnya
F  Peserta memahami landasan akhlak seorang mukmin

METODE
F  Ceramah dan Diskusi

RINCIAN BAHASAN
“Muhammad adalah utusan Allah, dan orang-orang yang bersamanya bersikap keras terhadap orang-orang kafir, tetapi berkasih, sayang antara sesama mereka; kamu lihat mereka ruku’ dan sujud mencari karunia Allah dan keridhaanNya; tanda-tanda mereka tampak pada bekas sujud di muka mereka. Demikianlah sifat-sifat mereka dalam Taurat. Sedangkan sifat-slfat mereka dalam InjiI ialah seperti tanaman yang mengeluarkan tunasnya, maka tunas jtu menjadikan tanaman itu kuat lalu menjadi besarlah dia dan tegak lurus di atas pokoknya; tanaman itu menyenangkan hati penanam-penanamnya karena Allah hendak menjengkelkan hati-hati orang kafir (dengan kakuatan orang-orang mukmin). Allah menjanjikan kepada orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal shaleh di antara mereka ampunan dan pahalanya yang besar.” [48:29]

A. Sifat-sifat para sahabat Rasul yang digambarkan dalam Taurat adalah:
1.        Keras dan tegas terhadap orang kafir dan lemah lembut lerhadap sesama mereka
Ayat ini senada dengan QS. 5:54-56.
A'izzah 'alal kafirin maknanya penuh gengsi dan prestisi terhadap orang kafir. Merasa bangga dengan keimanan di dalam dada dan tidak merasa hina atau rendah di hadapan kekufuran, tidak tunduk kepada kebodohan dan hawa nafsu. Sifat A’izzah dan Asyidda membuat seorang mu'min memandang kecil kesenangan duniawi yang dimiliki orang-orang kafir (seperti kisah prajurit Islam, Rib'i bin 'Amir yang mendatangi panglima Persia, Rustum untuk berunding di Qaddisiya). Saling berkasih sayang sesama mereka. Kaum mu’min menyadari bahwa mereka bersaudara, karena itu ia menintai sesama mu’min seperti mencintai dirinya sendiri (HR Muslim). Setiap  muslim hendaknya menghias dirinya dengan sifat-sifat tersebut dalam kehidupan bermasyarakat. Setiap muslim  hendaknya memahami bahwa lemah lembut merupakan sifat Yang Maha Tinggi dan Allah mencintai itu bagi hamba-hambanya dalam segala urusan. Rosulullah  SAW bersabda, “Sesungguhnya Allah itu maha Lemah Lembut, mencintai kelemahlembutan dalam segala urusan ( Hadist Muttafaq’alaih). Daldam hadist lain Rosulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya Allah Maha Lemah Lembut, dan memberi karena kelemahlembutan dan sekali-kali tidak memeberikannya karena kekasaran apapun atau sejenisnya.”  (HR Muslim).

2.        Di wajah mereka lergambar bekas ketakwaan, kekhusyu'an, dan keikhlasan mereka. Hal ini dikarenakan orang-orang beriman itu mengerjakan shalat dengan khusyu', tunduk dan ikhlas mencari pahala dan keridhoan Allah SWT. Yang dimaksud dengan bekas sujud ialah air muka yang cemerlang, tidak ada gambaran kedengkian dan niat buruk kepada orang lain, ppenuh ketundukkan dan kepatuhan kepada Allah, bersikap dan berbudi pekerti yang halus sebagai gambaran keimanan mereka.

A.      Sifat-sifat shahabat Rasulullah di dalam Injil
Sifat-sifat mereka di dalam Injil ia!ah seperti sebuah biji yang tumbuh dan berkembang menjadi pohon yang rindang dan kokoh dalam waktu yang sangat singkat. Jumlah mereka mula-mula sedikit, kemudian bertambah dan berkembang dalam waktu yang singkat seperti biji-bijian yang tumbuh, mengeluarkan batangnya, lalu mereka bercabang dan beranting. Kemudian pohon itu menjadi besar dan berbuah sehingga menakjubkan orang yang menanamnya karena kuat dan indahnya dan menambah jengkel hati orang-orang kafir. Demikianlah agama Islam, Rasulullah dan para pengikutnya pada permulan tumbuh dan berkembangnya.

B.       Janji Allah untuk orang-orang beriman
 Allah menyediakan pahala dan syurga bagi orang-orang yang beriman dan beramal sholeh dari pengikut Rosulullah SAW baik yang dahulu maupun yang sekarang serta menjanjikan pengampunan dosa-dosa mereka.

REFERENSI
·         Al-Qur’an dan Tafsirya, Jilid lX, Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta
Abduh Rabbani, Aktivitas Harokah Dambaan Umat, Pustaka Al-Bayyinah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentar lah dengan kritik dan saran yg BIJAK
sesuai dan beradab,

*:::_Bahasa Menggambarkan Bangsa_::*